Skala Untuk Mengkur Sikap

Sikap bukan menjadi benda yang bisa diukur dan disimpulkan dengan mudah. Meski banyak para peneliti yang meneliti korelasi sikap dengan objek tertentu. Lalu bagaimana mengukur sikap? Simak penjelasan berikut

Hipotesis Penelitian

Agar lebih tahu esensi dari hipotesis dalam penelitian, kamu bisa simak mengenai apa itu hipotesis dalam penjelasan berikut.

Instrumen Pengumpul Data

Dalam penelitian, instrumen pengumpulan data bisa dilakukan dengan 4 cara yakni kuesioner, observasi, wawancara, dan tes. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut.

Distribusi Frekuensi

Hasil data awal observasi penelitian merupakan data yang masih mentah, oleh karena itu perlu untuk diolah dan dikategorikan untuk memudahkan analisis penelitian. Lalu, bagaimana membuat tabel distribusi frekuensi? Kamu bisa simak pada artikel berikut

Anak Statistika? Tingkatkan Skill Ini Biar Ahli

Berikut ini adalah skill dan keywords yang dicantumkan oleh banyak ahli statistika. Oleh karena itu, skill berikut perlu kamu kuasai dan kembangkan untuk menjadi seorang ahli statistika.

Tableau: Software Visualisasi yang Easy&Friendly

Apakah kamu adalah orang yang sering bekerja dengan banyak data? Adakah kendala saat menyuguhkan data secara sederhana dan mudah dipahami? Nah, jawabannya yakni kamu patut mencoba dan menggunakan Tableau untuk menyuguhkan data kamu. Tentunya, agar data yang kompleks menjadi mudah untuk dipahami.

Yuk Mengenal Apa Itu Data Mining

Kemampuan dasar statistika sangat memberi sumbangsih jika kamu ingin menjadi seorang yang ahli data. Jika data science adalah tujuan kamu, kamu jangan sampai tidak tertarik mempelajari data mining. Nah, agar tahu apa itu data mining, yuk kenalan sebentar melalui artikel di bawah ini.

Jangan Sampai Salah! Gunakan Grafik Sesuai Fungsinya

Ternyata setiap grafik memiliki fungsinya masing masing. Apakah kamu baru “ngeh”? Tidak apa-apa, karena tidak semua siswa atau bahkan mahasiswa tahu bahwa penggunaan grafik ternyata berbeda fungsinya. Bahkan, ada yang menggunakan grafik karena bentuknya atau warnanya sesuai dengan desain tampilan presentasinya. Namun, karena sekarang sudah tahu bahwa setiap grafik berbeda fungsi dan tujuannya dalam menyajikan data, maka penyajian data kamu akan lebih mudah dipahami tentunya.

Mengenal Big Data, Tamu Spesial Statistika

Pada dekade ini, Big Data menjadi obrolan seru seluruh dunia. Tak hanya ranah IT saja, namun juga ranah bisnis yang mengharapkan manfaat maksimal yang bisa memberikan keuntungan dari Big Data. Sebelum itu, simak apa itu Big Data sebelum kamu terjun dan mempelajarinya.